TNI Polri Diterjunkan Bantu Penanganan Dampak Gempa Bumi di Banjaregara


Banjarnegara - Anggota Satbrimob Polda Jateng bersama TNI dan unsur terkait lainnya bahu membahu membantu penanganan bencana gempa bumi di Kecamatan Kalibening Kabupaten Banjarnegara yang terkena dampak Gempa Magnitudo pada Rabu (18/4/2018). Dalam kegiatan tersebut, petugas gabungan membersihkan puing-puing bangunan yang rusak serta membuka akses jalan yang tertutup.

Sebelumnya, dilansir dari tempo.co, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara mengatakan ada ratusan bangunan rumah di Kecamatan Kalibening, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah yang rusak akibat gempa berkekuatan 4,4 SR yang mengguncang wilayah setempat pada Rabu siang.

"Berdasarkan hasil pendataan sementara diketahui 316 bangunan rumah rusak akibat gempa," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Banjarnegara, Arief Rahman di Banjarnegara, Rabu, 18 April 2018.
Sementara itu, korban jiwa akibat gempa berjumlah dua orang. "Berdasarkan data sementara diketahui ada dua orang meninggal dunia akibat gempa, yakni Asep (13) dan Kasri (80), keduanya berasal dari Desa Kasinoman," kata Arief.

Berdasarkan analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, penyebab gempa berkekuatan 4,4 SR yang mengguncang sebagian wilayah Banjarnegara itu adalah aktivitas patahan atau sesar lokal. Pusat gempa berlokasi di darat pada kedalaman 4 kilometer pada jarak 52 kilometer utara Kebumen. Gempa tepatnya terjadi pada Rabu siang, 18 April 2018 pada pukul 13.28 WIB.

Subscribe to receive free email updates: