Unit BanSAR Polresta Yogyakarta Dibekali Kemampuan High Angle Rescue Technique

Bhayangkara Yogyakarta- Belasan personel Unit BanSAR Satsabhara Polresta Yogyakarta terus meningkatkan kemampuan di bidang SAR. Kali ini, Rabu (29/8/18), mereka dilatih materi High Angle Rescue oleh Unitpammat Ditsabhara Polda DIY. Latihan dilakukan dari Aula Lantai 3 hingga halaman tengah Mapolresta Yogyakarta.

Menurut Kasatsabhara Kompol Paino, S.Ag, MA, kemampuan bidang High Angle Rescue Technique harus dimiliki personel Unit BanSAR. Pelatihan ini merupakan salah satu pendukung dalam kegiatan Search and Rescue (SAR), terutama pada untuk memberi pertolongan korban bencana yang berada di gedung bertingkat yang tidak bisa dilakukan dengan jalur evakuasi yang ada.

"Tujuan adalah Untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi potensi SAR di ketinggian, medan sulit serta dapat melakukan pencarian dan pertolongan dilingkungan vertikal dengan cepat, aman dan efisien," tutupnya.

Sewaktu waktu di butuhkan untuk beri bantuan (BKO) terhadap korban daerah perbukitan atau pegunungan kondisi sulit dengan pertolongan jalur evakuasi yang ada

"Tidak menutup kemungkinan, personel diperbantukan ke wilayah lain untuk membantu penanganan bencana," terang Kompol Paino.

Lihat Video:
Kasatsabhara juga menyampaikan bahwa untuk memperoleh kemampuan, maka potensi anggota perlu dibekali dengan pelatihan guna memberikan kemampuan yang mampu mendukung tugas-tugas SAR dengan optimal.

sumber: polresjogja.com

Subscribe to receive free email updates: