Tim Supervisi Biddokkes Polda Jateng Cek Kesehatan Tahanan Polres Blora

Bhayangkara Blora- Sebagai langkah antisipasi dan guna mengetahui kondisi kesahatan para tahanan, Polda Jawa Tengah melalui Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) melakukan pemeriksaan atau supervisi kesehatan terhadap para tahanan yang ada di jajaranya.

Sesuai Perintah Kabid Dokkes Polda Jateng, Kombes Pol dr Didiet Setiobudi. personil Biddokkes Polda Jateng melalui Subbiddokpol (Doksik) harus selalu mengontrol para tahanan dan ruang tahanan, seperti yang dilakukan, Rabu (05/09/2018) kemarin di Rutan Polres Blora.

Tak hanya memeriksa kesehatan tahanan, sejumlah sudut ruangan juga di periksa guna mengantisipasi hal yang tidak di inginkan. Satu per satu tahanan yang berjumlah 16 orang dengan rincian 15 laki-laki dan 1 perempuan maupun ruangan, diperiksa secara teliti. Masing-masing tahanan dilihat kondisi kesehatannya.

Kapolres Blora AKBP Saptono S.I.K, M.H yang pada saat itu turut mendampingi mengatakan, tak hanya kesehatan para tahanan, Pembinaan Rohani dan Mental (Binrothal) juga tidak luput diberikan oleh personel Dokkes dan Binrohtal Polres Blora setiap harinya.

“Pemeriksaan kesehatan tahanan sudah rutin dilakukan karena sudah menjadi tugas dan tanggung jawab dalam pelaksanaan tugas. Sedangkan untuk pembinaan rohani kita berikan dua kali selama lima hari kerja oleh personil Bintal Polres Blora,” katanya.

Menurutnya selama berada di ruang tahanan, para petugas melakukan pemeriksaan secara penuh. Tak hanya itu para petugas juga memberikan hak-hak hidup para tersangka dalam tindak pidana secara layak dipenuhi, seperti beribadah, makan dan minum, serta pelayanan kesehatan dan perawatan fisik lainya seperti berolahraga. Bahkan kebutuhan siraman rohani dengan pembinaan mental rohani sehingga nantinya mereka tidak mengulangi perbuatannya lagi.

“Meskipun mereka adalah tahanan, atau orang yang berbuat salah dan melanggar pasal-pasal hukum pidana yang berlaku, mereka tetap mempunyai hak untuk sehat maka dari itu laksanakan pemeriksaan. juga memberikan sejumlah himbauan agar mereka tidak mengulangi perbuatannya lagi,” imbuh Kapoles Blora.

Subscribe to receive free email updates: