Kakorlantas Polri Resmikan Nama Lapangan Sirkuit ISDC Serpong


Kakorlantas Polri, Irjen Pol Istiono, Jumat 22 Oktober 2021 meresmikan pemberian nama lapangan atau sirkuit Indonesia Safety Driving Centre (ISDC) yang berlokasi di Pusdik Lantas Lemdiklat Polri Serpong Tangerang Selatan Banten.

Pemberian nama "Sonny Harsono" pada lapangan atau sirkuit tempat latihan ISDC, adalah merupakan penghargaan atau penghormatan atas jasa-jasanya di bidang kepolisian, khususnya polisi lalu lintas (Polantas). Purnawirawan Polri, Alm Drs Sonny Harsono  ketika mengemban jabatan sebagai Direktur Lalu Lintas Polri di era tahun 90 an, mulai menerapkan manajeman lalu lintas berbasis komputerisasi. Salah satu nya adalah sistem komputerisasi pembuatan Surat Ijin Mengemudi (SIM) di 11 kota provinsi pada Oktober 1992.  

Dari gagasannya juga muncul ide membangun kepercayaan masyarakat terhadap polisi lalu lintas sejak usia dini, dengan menghadirkan Patroli Keamanan Sekolah dan Polisi Sahabat Anak. Pengenalan mengenai polisi lalu lintas sejak usia dini melalui jalur pendidikan formal terbukti efektif hingga saat ini dalam rangka membangun budaya tertib berlalu lintas.

Direktur Keamanan dan Keselamatan (Dirkamsel) Korlantas Polri, Brigjen Pol Chryshnanda  Dwilaksana mengatakan, keberadaan ISDC adalah upaya Korlantas Polri dalam membentuk pengguna jalan yang berkeselamatan (safer people) demi terwujudnya lalu lintas yang aman, selamat, tertib dan lancar.

Tujuan ISDC, tegasnya, adalah untuk mendidik pengemudi yang ingin belajar mengenai tata cara berkendara, etika dalam berkendara, pengenalan kendaraan, teknik olah kemudi dan manajemen resiko kecelakaan, baik secara teori maupun praktek.

Menurutnya, fungsi ISDC adalah antara lain, pusat latihan pengemudi Patwal VIP/VVIP, SAR, Rescue;  pusat latihan instruktur, penguji, assesor, trainer; pusat pengujian kompetensi, sertifikasi; pusat studi penelitian, riset dan laboratorium road safety; pusat latihan pengemudi profesi; pusat latihan pengelola transportasi; pusat komunitas otomotif; pusat kemitraan asosiasi sekolah mengemudi serta pusat lembaga sertifikasi (profesi dan kompetensi).

Brigjen Chryshnanda mengatakan, ISDC juga dilengkapi dengan sarana prasarana penunjang, salah satunya adalah lapangan yang dapat digunakan untuk latihan mengemudikan kendaraan bermotor, baik roda dua, roda empat dan lebih. ISDC yang berada di Pusdik Lantas Lemdiklat Polri Serpong ini memiliki luas lahan sekitar 10 hektar.

Posting Komentar untuk "Kakorlantas Polri Resmikan Nama Lapangan Sirkuit ISDC Serpong"