Kapolres Ngawi mendapat penghargaan dari Komnas Perlindungan Anak


NGAWI, Polisi Selebriti dan Yayasan Sinergitas Sahabat Indonesia melayangkan surat tertanggal 10 Oktober 2022 kepada Kapolda Jawa Timur yang menyatakan bahwa Kapolres Ngawi AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H., S.I.K., M.H., menerima penghargaan.

Bertempat di gedung Meeting Room Gunawarman 1, lantai 6 Hotel Grandhika Iskandarsyah, Jakarta Selatan acara penghargaan "Polisi Award" diberikan kepada Kapolres Ngawi AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H , S.I.K., M.H., dalam rangka Hari Ulang Tahun Komisi Nasional Perlindungan Anak ke-24 dan Hari Ulang Tahun Polisi Selebriti ke- 4, Senin (24/10/2022)

Penghargaan diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap komitmen dan inovasi Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD), Organisasi Profesi, Aparat Penegak Hukum, kelompok masyarakat dan perorangan yang telah berkontribusi aktif terkait perlindungan anak.

"Kita juga sangat bersyukur atas terpilihnya Polres Ngawi menjadi Polres Ramah Anak  yang berhadapan hukum atau menjadi korban. Penilaian Polres Ngawi karena dinilai telah menjadi berkomitmen dan berkontribusi aktif  upaya pemajuan pemenuhan dan perlindungan anak demi kepentingan terbaik bagi anak di Kabupaten Ngawi. Terima kasih Kepada KPAI dan Polisi Selebriti yang telah memberikan Polisi Award," tutur Dwiasi

Kapolres yang hadir pada "Malam Puncak Penganugerahan" Komnas Anak dan Polisi Selebriti (Polisi Award) tahun 2022, didampingi Kasat Reskrim Polres Ngawi AKP Agung Joko h., S.I.K., M.H., M.Si.

Menyambut Hari ulang tahun komisi Perlindungan  (HAN) ke 24  yang mengangkat tema “Anak Terlindungi Indonesia Maju” KPAI berharap agar pemberian anugerah ini menjadi pemantik bagi stakeholder untuk terus berinovasi serta praktek baik dalam kebijakan dan program yang berdampak besar bagi upaya pemajuan pemenuhan dan perlindungan anak demi kepentingan terbaik bagi anak Indonesia. Komitmen yang telah dibangun stakeholder agar dapat semakin meningkat serta kepeloporan perlindungan anak yang tumbuh di masyarakat semakin maju. 

"Menurut saya, penghargaan itu bukan kinerja saya sendiri tapi bersama saya dan team yaitu pejabat utama serta anggota Polres Ngawi, Bapak Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono, Forkompimda, juga didukung oleh masyarakat. Untuk itu yentunya, penghargaan ini menjadi penyemangat bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas layanan Polres Ngawi  ke depannya, salah satu inovasi Polres nGawi satgas CINTA (Cegah Lindungi Anak dan Wanita) yang menjadi korban kekerasan ini merupakan bentuk komitmen bersama pemerintah kabupaten dalam melaksanakan perlindungan terhadap anak,” lanjut Kapolres.

Dwiasi juga menyebut bahwa anak-anak merupakan mutiara bangsa yang perlu dijaga dan di lindungi, agar menjadi manusia yang seutuhnya.

"Masih banyak persoalan dan kekerasan yang terjadi kepada anak-anak kita, termasuk di Ngawi ini. Dan ini menjadi ‘PR’ kita bersama, bagaimana  kita menyikapi dan terus berkerja dan berjuang untuk memberikan perlindungan terhadap anak-anak kita,” tambah Dwiasi 

Kegiatan yang dilakukan antara lain melakukan simulasi kehamilan, pemberian sugesti atau NLP (Neuro Linguistic Programming) untuk menanamkan nilai positif yang memadukan aspek kognitif, agama, budaya, dan displin ilmu terkait melalui pendekatan sharing, nonton bersama film edukatif, komunikasi dua arah, dan pelatihan.

"Rosi Ngawi program Kolaborasi Polres dan Pemkab Ngawi dengan  Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Ngawi , ibu Nugrahaningrum yakni Ramah Terpadu Ngawi (Program  Asuhan Remaja Puskesmas Terpadu yang adaptif, wawasan, beriman, inovatif bertujuan mencegah pernikahan dini dan menurunkan kehamilan tidak diinginkan (KTD)," kata Kapolres Ngawi

Acara yang dimulai pukul 19.30 WIB tersebut dihadiri oleh Ketua Komnas Anak (Arist Merdeka Sirait), Ketua Polisi Selebriti (Zandre Badak), Deputi Perlindungan Khusus anak Kementerian PPPA RI, Bapak Nahar, SH, M.Si., Kabid Humas Polda Sulsel, Kabid Humas Polda Riau, Kapolres Ngawi, Kapolres Nganjuk, Kapolres Bengkayang, Perwakilan Kapolres Kotawaringin Barat, Kapolres Sukabumi, Kapolres Bogor, Cornelia Agatha

Sekedar informasi, bahwa Malam Penganugerahan tersebut adalah hasil kerjasama Polisi Selebriti dengan Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas Anak) pimpinan Arist Merdeka Sirait yang terpilih kembali secara aklamasi pada Forum Anak Nasional tanggal 7-10 September 2022 yang dibuka langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI,  I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga, S.E., M.Si.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian pembacaan doa dilanjutkan laporan Ketua Panitia, disambung dengan sambutan Ketua Komnas Perlindungan Anak (Arist Merdeka Sirait) dan sambutan Menteri PPPA yang diwakili oleh Deputi Perlindungan Khusus Anak Kementerian PPPA RI, Bapak Nahar, SH, M.Si., dan sebelum kegiatan ditutup, agendanya adalah pemberian penghargaan.

Posting Komentar untuk "Kapolres Ngawi mendapat penghargaan dari Komnas Perlindungan Anak"