Bhayangkara .Net - Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) integrasi kampus kebangsaan siswa Dikmaba TNI dan Diktukba Polri telah selesai digelar. Diklat integrasi ini dilaksanakan selama lima hari mulai dari tanggal 12 hingga 16 Desember 2022.

Wakalemdiklat Polri Irjen Pol Eko Budi Sampurno mengatakan, diklat integrasi ini adalah perwujudan sinergitas TNI-Polri. Ia pun menceritakan bagaimana TNI-Polri lahir dari ibu kandung yang sama yaitu NKRI.

"Sejak awal perjuangan bangsa ini salah satu unsur yang menyatukan adalah TNI dan Polri," kata Eko dalam penutupan Diklat Integrasi di Jakarta, Jumat (16/12/2022).

Selama ini, kata Eko, diklat integrasi hanya dilakukan pada level perwira. Namun saat ini level bintara juga menggelar diklat integrasi pada level bintara. Diharapkan dengan adanya diklat integrasi ini dapat menjaga keutuhan NKRI.

Ia pun berpesan kepada para siswa yang mengikuti diklat integrasi tak hanya selesai sampai di sini. Ia ingin para siswa diklat integrasi dari TNI-Polri tetap menjalin komunikasi dengan baik dimanapun nantinya siswa ini ditempatkan dalam tugas.

"Pesan saya setelah ini tetap berkomunikasi dengan baik dimanapun mereka berada. Mereka (siswa) akan disebar seluruh wilayah indonesia dari Sabang sampai Merauke," ujarnya.

Terakhir, ia pun melihat selama lima hari menjalani diklat integrasi para siswa terlihat kompak. Menurutnya, diklat integrasi dilakukan bukan hanya untuk mereka sendiri. Namun juga berintegrasi dengan keluarga besar masing-masing.

"Mereka tanpa adanya rebutan kursi mereka tetap kompak dan akan tetap bisa berdiri. Mereka berintegritas bukan hanya dengan sesama mereka, namun juga berintegritas dengan keluarga mereka masing-masing," katanya.
Lebih baru Lebih lama