Institut Musik Jalanan (IMJ) menggelar live musik group band "0 KM Kustik" di Titik Nol KM Yogyakarta, Rabu 28 Desember 2022. 

Kegiatan yang terselenggara atas kerjasama dengan Polri tersebut hadir untuk menghibur warga masyarakat yang tengah berkunjung di seputaran Malioboro Yogyakarta. 

Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Idham Mahdi yang hadir menyaksikan kepada juru warta menyampaikan para musisi jalanan yang ada di kawasan Malioboro ini adalah merupakan sobat Polri yang perlu diberikan ruang untuk berekspresi di dunia musik. 

"Melalui musisi jalanan ini, selain berikan hiburan kepada masyarakat yang berkunjung di Jogja, mereka juga menyampaikan pesan-pesan kamtibmas," ujarnya. 

Dirinya juga menyampaikan Polresta Yogyakarta akan terus berkolaborasi dengan para musisi jalanan untuk menghibur masyarakat khususnya wisatawan yang ada di Yogyakarta. 

Kapolresta Yogyakarta turut menghimbau kepada para musisi jalanan agar dapat menjaga nama baik kota Yogyakarta sehingga para wisatawan kembali ke daerah asalnya tersematkan rasa rindu untuk kembali berwisata ke Yogyakarta. 

"Kepada musisi jalanan yang lain agar bisa saling menghormati kepada pengunjung wisatawan, jangan sampai membuat citra Yogyakarta menjadi jelek," pesannya. 

Sementara itu koordinator Institut Musik Jalanan Andi Malewa menyampaikan gelaran hari ini adalah kelanjutan dari pencanangan bapak Kapolri yang mana para musisi jalanan Indonesia itu sebagai "Sobat Polri". 

IMJ turut mendukung program baik ini, dimana para musisi jalanan diberikan ruang untuk berekspresi menghibur warga masyarakat Yogyakarta atau para wisatawan yang berkunjung di Yogyakarta.

"Institut Musik Jalanan mendukung penuh dengan program ini (Musisi Sobat Polri) yang mana para musisi memang harus naik kelas secara kualitas dalam bermusik, sehingga dapat menghibur masyarakat masyarakat," jelasnya.

Lanjut dirinya menjelaskan, sebagai kemitraan dengan Polri, para musisi jalanan ini akan memberikan himbauan-himbauan Kamtibmas kepada masyarakat dengan harapan himbauan kepada masyarakat tersebut dapat tersampaikan dengan baik. 

"Mudah-mudahan, kegiatan ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," harapnya. 

Musisi Sobat Polri lahir dari sebuah kegiatan yang diinisiasi oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dimana di Bulan Mei 2022 diselenggarakan Festival Musik Bhayangkara.

Kabidhumas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto menjelaskan gelaran Finalis Festival Musik Bhayangkara yang digelar di Museum SOE 1 Maret Yogyakarta tersebut dihadiri oleh Kapolri bersama pejabat utama Polri. Terdapat 10 finalis dari musisi jalanan dari berbagai daerah. 

"Ini sebuah apresiasi dari Polri kepada para musisi jalanan untuk dapat berekspresi melalui karyanya sehingga mendapat sambutan yang baik di masyarakat," ucapnya.
Lebih baru Lebih lama