Ngawi - Berbagai persiapan mulai dilakukan Polres Ngawi jajaran Polda Jatim menjelang libur natal 2022 dan tahun baru 2023, sebagai antisipasi rawan kemacetan arus lalu lintas. 

Polres Ngawi akan mendirikan 5 (lima) pos yang terdiri dari 3 (tiga) pos pengamanan dan 2 (dua) pos pelayanan dalam menyambut Natal dan tahun baru kali ini. 

Kapolres Ngawi AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H., S.I.K., M.H., ketika dikonfirmasi melalui Plt Kasi Humas Ipda Dian menyatakan bahwa, "Dalam menyambut nataru kali ini, Polres Ngawi mendirikan 5 pos yang terdiri dari 3 pos pengamanan dan 2 pos pelayanan."

Keterangan lain juga ditambahkan oleh Kasat Lantas Iptu Achmad Fahmi Adiatma, S.T.R., S.I.K., bahwa lima pos tersebut, sangat perlu diwaspadai pada satu titik kemacetan, tepatnya di jalur arteri Jalan Raya Ngawi Solo di kawasan monumen Suryo. 

"Untuk kewaspadaan rawan kemacetan di jalur non tol atau jalur arteri arah Ngawi-Solo dan sebaliknya. Tepatnya kawasan monumen Suryo," kata Kasat Lantas 

Kasat Lantas juga menjelaskan, bahwa di sekitar monumen Suryo merupakan kawasan hutan yang banyak pohon rawan tumbang saat hujan. Pengendara yang lewat jalur arteri diminta agar waspada dan hati-hati.

"Jadi jalur arteri sangat panjang kawasan hutannya, sehingga rawan pohon tambang. Kita imbau pengendara untuk waspada dan hati-hati," terang Fahmi.

Di kawasan monumen Suryo akan dibuat pos pengamanan yang merupakan satu dari tiga pos pengamanan selain di Alun-Alun Ngawi dan Jogorogo. Sedangkan 2 Pos Pelayanan ada di Rest Area KM 575 A dan B.

Sedangkan untuk titik rawan kepadatan yang perlu diantisipasi adalah dalam rest area KM 575 A Ngawi karena merupakan rest area pertama yang ada setelah memasuki wilayah Jawa Timur.

"Untuk jalur dalam tol yang perlu kita antisipasi adalah kepadatan kendaraan dalam Rest Area 575 A Ngawi, jika nanti banyak pemudik yang singgah di rest area setelah memasuki wilayah Jatim. Disana juga ada Pos Pelayanan yang akan memberikan pengaturan, jika terjadi kepadatan maka petugas akan mengarahkan pemudik untuk singgah pada rest area selanjutnya" terang Fahmi.

Fahmi menambahkan, kepada pengendara yang ingin mudik natal dan tahun baru untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas. 

"Taati rambu lalu lintas untuk keamanan dan kenyamanan berkendara dan saling menghormati," tutupnya
Lebih baru Lebih lama