SURAKARTA - Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Tk IV Surakarta resmi membuka pelayanan kesehatan untuk masyarakat umum. Kegiatan soft opening layanan tersebut dilakukan pada Selasa (14/2/2023).

Hadir dalam kegiatan itu, Kabid Dokkes Polda Jawa Tengah Kombes Sumy Hastry Purwanti, Kabidhumas Kombes M Iqbal Alqudusy, Kepala RS Bhayangkara Semarang Kombes M Khusnan Marzuki dan Kapolresta Surakarta Kombes Pol Iwan Saktiadi, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Surakarta dr Edy Wirastho.

Para pejabat tersebut menyempatkan diri meninjau sejumlah Fasilitas penunjang di rumah sakit tersebut seperti Instalasi Gawat Darurat (IGD), ruang rawat jalan, ruang rawat inap, laboratorium forensik, ruang autopsi dan ruang jenazah

"Hari ini RS Bhayangkara resmi dibuka, saya sempat meninjau dari lantai 1-3, alat-alat lengkap semua, ini perlu kita _sounding_kan ke masyarakat," kata Walikota Gibran setelah melakukan peninjauan.

Lanjut Suami Selvi Ananda itu, nantinya Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan melakukan sinergitas pelayanan guna peningkatan pelayanan masyarakat. 

"Kita nanti akan sama-sama menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang di Kota Solo, terutama permasalahan kesehatan," kata Gibran.

Sementara itu, Kabid Dokkes Polda Jawa Tengah Kombes Sumy Hastry Purwanti mengatakan RS Bhayangkara Solo merupakan RS kedua yang dibangun oleh Polri di Jawa Tengah.

Selanjutnya akan dibangun RS dibeberapa wilayah Jawa Tengah, untuk menunjang layanan kesehatan bagi para anggota polri, keluarga polri dan masyarakat.

"Untuk tahun ini pembangunan di Ekswil Pati, di Polres Blora. Tahun depan, akan di Banyumas dan Brebes. Karena semua lahan sudah diberikan dan atas nama polri," katanya.

Untuk hari pertama pembukaan ini, seluruh pelayanan rumah sakit di gratiskan untuk masyarakat umum. Sedangkan untuk pelayanan menggunakan asuransi dan BPJS Kesehatan masih dalam proses administrasi.

"Termasuk pelayanan forensik klinik menjadi sentra (pusat) untuk semua wilayah Solo Raya. Terbuka untuk masyarakat. Khusus hari ini (pelayanan) free untuk umum," jelas Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Solo dr Edy Wirastho.

Sementara Kabidhumas Polda Jateng Kombes Iqbal Alqudusy menerangkan, RS Bhayangkara Tk IV Surakarta merupakan rumah sakit tipe D. Luas bangunan mencapai 1 hektar dan memiliki 60 ruang rawat inap

Diungkapkannya, Polri khususnya Polda Jateng sangat mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Polda Jateng diakuinya siap bersinergi dengan semua pihak untuk memberikan kemudahan layanan kesehatan bagi masyarakat 

"Sesuai arahan Kapolda, layanan yang diberikan di RS Bhayangkara Surakarta dilaksanakan secara profesional, ramah dan juga terbuka untuk masyarakat luas. Rumah sakit ini bisa menjadi rujukan warga bila membutuhkan perawatan medis atau layanan kesehatan lainnya," pungkasnya
Lebih baru Lebih lama