Butuh Satu Jam, 3 Unit Mobil Pemadam Kuasai Kebakaran Gudang Bekas di Jalan Suryonegaran Yogyakarta


Yogyakarta - Kebakaran melanda sebuah bangunan dapur di sebuah Gudang bekas produk minuman Anggur 5000 Gemini yang beralamatkan di Jl. Suryonegaran No. 12 Bumijo Kidul Kelurahan Bumijo Jetis Yogyakarta. 

Menurut Kasihumas Polresta Yogyakarta, AKP Timbul Sasana Raharja, S.H., M.H. menjelaskan kebakaran tersebut terjadi pada hari Rabu tanggal 8 Desember 2021 sekira pukul 20.10 WIB di dapur Gudang (bekas produk minuman Anggur 5000 Gemini) Jl. Suryonegaran No.12 Bumijo Kidul Kelurahan Bumijo Jetis Yogyakarta telah terjadi Kebakaran. Kamis, (09/12). 

Ia menambahkan, dari keterangan para saksi Sutanto (39) yang menjaga gudang tersebut dan Muryanto (69) warga yang berada dilokasi itu mengungkapkan awal mula para saksi ini melihat sebuah percikan api yang berada tepat di atap dapur. 

“Awal mula sekira pukul 20.10 WIB Saksi (S) yang sedang berada di gerbang depan gudang melihat percikan api yang terlihat di atas atap dapur, kemudian Saksi (S) memberitahukan kepada Saksi (M) bahwa ada percikan api di atas dapur gudang tersebut, tidak lama kemudian percikan api tersebut membesar dan asap hitam membumbung tinggi.” Ungkap Akp Timbul. 

Saksi (M) kemudian, lanjut dia, berlari menuju Piket Ditlantas Polda DIY yang berjarak kurang lebih 100 m dari TKP untuk memberitahukan kejadian tersebut. Piket Ditlantas kemudian menghubungi Dinas Kebakaran Kota Yogyakarta.

"Dua unit mobil Dinas Kebakaran Kota Yogyakarta dan satu unit dari UGM yang merapat di TKP segera memadamkan api serta melakukan pendinginan selama kurang lebih satu jamm" ungkapnya.

Selain Damkar, beberapa instansi terlibat dalam proses pemadaman dan evakuasi di TKP di antaranya BPBD Kota Yogyakarta, Unit Rescue Kota Yogyakarta, Polsek Jetis Polresta Yogyakarta, Koramil Jetis Yogyakarta, Team Serbu Bumijo Yogyakarta dan Warga sekitar TKP. 

Sebelumnya, warga bahu-membahu berusaha memadamkan api dengan ember dan air yang berasal dari rumah warga yang bersebelahan persis dengan dapur bekas Gudang Anggur 5000 Gemini. 

Diketahui Gudang tersebut milik Bapak Kusbiantoro, umur 61 th, Kristen,Swasta,  alamat Jl.Merpati no. 37 Mrican Baru Rt 02 Rw 44, Caturtunggal Depok Sleman. 

“Bangunan yang terbakar tersebut sebelumnya difungsikan untuk tempat istirahat dan dapur umum penjaga bangunan.” Ujar Kasihumas dalam rilis tertulis. 

Kerugian yang di alami diantaranya, Sebuah bangunan dapur bekas Gudang Anggur 5000 Gemini dengan ukuran 3×10 meter beserta barang barang yang ada di dalamnya semua hangus terbakar dan ditaksir dengan nominal mencapai lk. Rp. 10.000.000,- ( Sepuluh Juta Rupiah).

Dalam rilisnya, Akp Timbul memaparkan bahwa dalam kejadian kebakaran ini tidak ditemukan adanya korban jiwa hanya kerugian materil. 

“Berdasarkan penyelidikan awal di lapangan, api diduga berasal dari korsleting listrik yang berada di atas dapur gudang.” Ungkap Timbul. 

Sekira pukul 22.50 WIB pendinginan pemadaman telah selesai dilakukan dan pihak-pihak yang menangani kejadian tersebut selanjutnya meninggalkan TKP,  untuk monitoring selanjutnya dilakukan oleh perangkat RT/RW setempat. 

“Untuk penanganan selanjutnya ditangani oleh Polsek Jetis Polresta Yogyakarta.” tutup Kasubag Humas Polresta Yogyakarta Akp Timbul.

Posting Komentar untuk "Butuh Satu Jam, 3 Unit Mobil Pemadam Kuasai Kebakaran Gudang Bekas di Jalan Suryonegaran Yogyakarta"