Tangkap Remaja Bawa Sajam, ini Sejarah Singkat Tim Regul Polsek Umbulharjo

Yogyakarta - Tim REGUL Polsek Umbulharjo mendadak viral di Kota Yogyakarta setelah berhasil menangkap remaja berinisial LG (17) yang kedapatan membawa senjata tajam jenis celurit serta membuat keributan di Jalan Cantel, Selasa (4/1). Lalu siapakah Tim REGUL?


Kapolsek Umbulharjo Kompol A. Setyo Budiantoro, S.H. menjelaskan Polsek Umbulharjo membentuuk tim patroli dengan sebutan tim patroli REGUL yang merupakan singkatan dari REdam GULung Kejahatan.

Tim yang di bentuk oleh pihak Polsek Umbulharjo dengan tujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukum Polsek Umbulharjo, khususnya pada malam hari. Dan tim tersebut sudah terbentuk sekitar satu tahun yang lalu dibawah pimpinan Kapolsek Umbulharjo.

"REGUL merupakan singkatan dari REdam GULung kejahatan, tim patroli REGUL tersebut bertugas untuk melaksanakan patroli guna memberikan rasa aman kepada masyarakat terutama masyarakat yang saat beraktifitas di malam hari apalagi akhir-akhir ini marak terjadi kejahatan jalanan," terang Kapolsek. 

"Tim REGUL ini memliki lambang hewan sejenis berang-berang," tambahnya.

Dengan banyaknya kejadian tersebut kemudian Polsek Umbulharjo menggiatkan kembali tim patroli REGUL untuk mengatasi gangguan kamtibmas diwilayah hukum Polsek Umbulharjo.

"Hal itu dilakukan sebagai bentuk respons terhadap masukan masyarakat terkait antisipasi tindak kejahatan jalanan khususnya pada malam hari," ujar Kompol Setyo.

Tim tersebut akan dikhususkan melaksanakan patroli setiap malam hari sampai waktu menjelang subuh guna menjaga keamanan dan ketertiban.

"Ketika turun ke jalan untuk berpatroli, tim REGUL kerap kali mengendarai sepeda motor di bawah komando Kapolsek Umbulharjo Kompol A. Setyo Budiantoro, SH. Dan tak sedikit para pelaku yang akan bertindak kejahatan ketika berpapasan dengan tim ini langsung lari pada bubar sehingga dapat dicegah apabila akan melakukan tindak kejahatan jalanan," tambahnya.

Kompol Setyo menambahkan, Tim Patroli REGUL tersebut terdiri dari semua fungsi diantaranya Fungsi Reskrim, Intelkam, Bhabinkamtibmas, Lalulintas, Samapta beserta anggota staf dengan memakai sepeda motor dan jaket khusus yang ada lambangnya dan sebagai ujung tombaknya adalah unit Reskrim.

"Team patroli REGUL ini bertugas selalu mobiling patroli di tempat-tempat yang sepi dan juga nongkrong-nongkrong dengan melihat di sekitar wilayah Umbulharjo," tutupnya.

Posting Komentar untuk "Tangkap Remaja Bawa Sajam, ini Sejarah Singkat Tim Regul Polsek Umbulharjo"