Yogyakarta - Kepolisian Resor Kota Yogyakarta berhasil mengungkap kasus penganiayaan di kawasan Titik Nol KM Yogyakarta yang videonya viral di media sosial.

Ungkap kasus disampaikan oleh Kapolresta Yogyakarta Kombes Saiful Anwar, S.Sos., S.I.K., M.H. melalui konferensi pers yang digelar Jumat (10/2) siang.

Kapolresta didampingi Kasatreskrim AKP Archy Nevada, S.I.K., M.H. dan Kasihumas AKP Timbul Sasana Raharjo, S.H., M.H. menjelaskan kejadian terjadi hari Selasa, tanggal 07 Februari 2023 pagi.

Kronologi kejadian berawal sekira pukul 03.30 Wib, saat pelapor yang berboncengan dengan saksi, keluar dari kontrakan di Banguntapan untuk berkeliling-keliling di Kota Yogyakarta, kemudian melewati perempatan Tugu Yogyakarta ke arah selatan kemudian di perlintasan kereta api.

"Ketika di bawah jembatan rel kereta api Jalan Abu Bakar Ali, pelapor sempat memainkan gas motor dan menaikan ban depan standing, tindakan itu membuat tidak senang salah satu pelaku hingga terjadinya perselisihan hingga perkelahian di jalan Malioboro," penjelasan Kapolresta.

Pelapor dan temannya belok kiri dan pelaku GN di belakangnya merasa ditantang, menabrak korban dari belakang kemudian terjadi perkelahian antara Pelapor dengan pelaku GN, dan dipisahkan oleh orang disitu.

Pelaku GN merasa kalah dikeroyok rombongan korban kemudian pelaku GN pulang ke rumah mengambil Besi KNOCK dan memberi tahu teman-temannya.

"Karena solidaritas, teman-temannya mendatangi rombongan pelapor yang masih berada di Titik Nol, dan akhirnya terjadilah perkelahian dan pengeroyokan tersebut," lanjut Kapolresta.

Setelah viralnya video kekerasan, Satreskrim Polresta Yogyakarta dibantu Jatanras Polda DIY berhasil mengamankan enam pelaku.

Tim Gabungan akhirnya mengamankan pelaku pada hari Kamis, tanggal 09 Februari 2023, sekira pukul 12.30 WIB di sejumlah lokasi di luar DIY.

"Sempat ketakutan dengan viralnya pemberitaan di media sosial menyebabkan mereka melarikan diri keluar kota secara bersama-sama," lanjutnya.

Bahwa terhadap para pelaku disangka melakukan tindak Pidana Primer Barang Siapa di muka umum Bersama-sama melakukan kekerasan terhadap orang atau barang; Subsider Penganiayaan sebagaimana dimaksud dalam Primer Pasal 170 KUHP Subsider Pasal 351 KUHP Juncto Pasal 55 KUHP atau Pasal 56 KUHP, dengan acaman maksimal 7 Tahun Penjara.
Lebih baru Lebih lama